learn 2 love

Bagi kebanyakan orang, kata ‘love’ sudah tidak asing lagi didengar. Bukan hal yang sulit bagi rata-rata orang untuk melakukannya. Tahun 2008 kulewati dgn banyak keberhasilan dan kegagalan. Keberhasilan diraih hanya karena janji dan pertolonganNya. Kegagalan..bnyk tjd krn aku lalai, malas, msh manusia🙂 Dalam banyak hal aku belajar untuk mengasihi (ga mudah ternyata). Mengasihi orang yang baik samaku, itu hal yang mudah. Tapi mengasihi orang yang jahat samaku, sulitnya bukan main. Mengasihi..ternyata suatu proses yang ga mudah. Berbeda halnya dgn cinta, kasih tidak menuntut balasan/imbalan. Mengasihi bagiku adl suatu keputusan, diraih dlm doa, dan disalurkan melalui pemberian.

 To love is to give. 

Di mana hartamu berada di situ hatimu berada. Adalah suatu kebohongan besar ketika aku ‘mengasihi’, tp aku ga mau memberi yg terbaik utk pribadi orang yang kukasihi. Pemberian paling mudah ditunjukkan dalam perhatian. Tp itu tidak cukup..bukan bermaksud ‘cari muka’ memang, tp ketika suatu barang (yang menurut kita berharga) kita berikan kepada orang tersebut…itu tandanya di situ hati kita berada.

Sedikit share…

Liburan natal kmrn, aku pulang rumah.  Kami punya tetangga, msh anak2, tidak terlalu pintar (cenderung IQ di bawah rata2), sebut saja namanya Darmi. Dia berteman dengan pembantu kami di rumah (Umi). Di hari raya kurban, Darmi dan keluarga mendapat potongan daging kurban, mrk masak sate. Mama panggil Umi dari dapur krn ada pekerjaan di toko, Umi ga muncul2. Setelah dicek, ternyata….Umi lg di kebun berdua dgn Darmi. ‘Lagi ngapain ya?’, tanya mama. Umi senyum2 sambil memegang 1 tusuk sate. ‘Dapet satu, Bu, dari Darmi.’, katanya. Selidik punya selidik, Darmi akhirnya cerita, dia bilang dia dapet 3 tusuk sate dari bapaknya. Waktu lg makan di rumah, dia teringat ama Umi, jd 2 tusuk sate sisanya dibawa ke rumah kami untuk mereka makan berdua, seorang dapat 1 tusuk.

Seorang anak, lemah mental…dia mengerti bagaimana mengasihi, dia mengerti nilai dari persahabatan. Seringkali kita yang ‘normal’, bahkan tidak pernah berpikir bagaimana menunjukkan kasih kita dengan wajar kepada orang yang kita kasihi…

Suatu tamparan keras bagiku dgn peristiwa di atas. Itu baru salah satu contoh mengasihi orang yang mengasihi kita, dan di situ pun seringkali aku gagal. Apalagi mengasihi orang yang ‘jahat’ samaku…

In this new year, teach me how to live, teach me how to love..daily, oh Lord. To love like Your love to me.

2 Responses to learn 2 love

  1. criz says:

    hmm..hmm..hmm..

  2. siska says:

    hmm..hmm.. juga😀

    thx 4 visiting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: