Lemah lembut dan Rendah hati

Hari minggu kmrn kami kmsl di rumah Bang Henry. Tema kmsl kali ini disamakan dengan tema gereja, ttg membangun hubungan dlm suatu keluarga. Ada banyak hal yang disharekan, tp terus terang aku sangat terberkati dengan yang dibagikan oleh Bang Henry, Mas Dawni dan Risen. Berikut ini adalah summary yg berhasil kucerna..

Mat 11:28-30 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”

Dikatakan di situ bahwa semua yg letih lesu dan berbeban berat…datang pada Yesus. Letakkan beban itu di kaki-Nya, jgn sampai beban yg dah kamu letakkan kemudian km angkat2 lagi.. Yang boleh dipikul bukanlah kuk-mu, tp kuk yang berasal daripada-Nya karena itu enak dan ringan. Sering kali kita memikul beban kita sendiri, menjadi cape…kemudian berkeluh kesah..protes klo2 Tuhan koq rasanya membebani kita dengan beban pergumulan yang berat sekali, yang rasanya gak akan sanggup kita tanggung. Kita perlu sadari sama2…kalau yg kita letakkan di kaki Tuhan itu beban kita, dan kemudian beban tersebut ga kita angkat2 lagi…maka itu tidak akan membebanimu. Bahkan sebaliknya, pada saat kita memutuskan untuk memikul kuk yang Tuhan pasang di pundak kita…itu akan terasa ringan dan enak.

Beberapa waktu yang lalu aku sempat terpikir dengan istilah ‘pikul salib’, anak Tuhan harus mau pikul salib dan sangkal diri klo mau ikut Tuhan. Pikul salib berarti mau menanggung atau melakukan hal-hal yang kita tidak sukai (hal2 baik yg kita tidak suka tapi Tuhan sukai), sedangkan sangkal diri adalah menolak melakukan hal2 yang kita sukai (dlm konteks ini hal2 buruk yang kita suka namun Tuhan ga suka). Kuk itu adalah salib itu, salib yang harus kita pikul setiap hari…enak dan ringan kata Tuhan🙂

Hal kedua yang aku pelajari adalah setiap kita harus belajar dari Tuhan Yesus krn Ia lemah lembut dan rendah hati. Rendah hati berarti gak sombong….itu yg biasa kita tau. Di komsel kali ini, aku dibukakan hal baru. Rendah hati berarti tidak menganggap diri kita sehebat orang lain. Setiap manusia punya kelebihan dan ekurangannya masing2. Dengan kelebihan dan kekurangannya tersebut setiap kita tidak boleh bermegah, karena barangsiapa mau bermegah hendaklah ia bermegah karena Kristus. Ga ada seorangpun yang lebih tinggi levelnya dari yang lain. Setiap kita sama di hadapan Tuhan, yaitu orang-orang yang telah ditebus oleh darah Yesus.

Lemah lembut bukan berarti lemah. Bisa jadi orang-orang yang lemah lembut sebenarnya adalah orang yang kuat. Mengapa? Orang yang lemah lembut adalah orang yang sebenarnya memiliki kekuatan untuk membalas, untuk melawan, untuk melakukan segalanya demi kepentingan dirinya sendiri, namun memilih untuk tidak melakukan hal-hal seperti itu. Orang yang lemah lembut adalah orang-orang yang mau belajar, memberi diri untuk belajar dan berubah menjadi lebih baik semakin hari.

Orang-orang yang lemah lembut akan menguasai bumi. Orang-orang yang rendah hati…kan mewarisi negeri..Tuhan akan menunjukkan jalan2-Nya kepadanya. Bagaimana caranya menjadi lemah lembut dan rendah hati? come to Jesus…learn from Him.. dan biarlah segala kemuliaan pada akhirnya diberikan kepada Tuhan.

Seperti biasa, kmsl di rumah Bang Henry ini diawali dgn makan2 dan diakhiri dengan doa.😀 Kami diberkati secara rohani maupun jasmani😀

One Response to Lemah lembut dan Rendah hati

  1. Unggul says:

    Setuju sekali.. Kalau mau memiliki hati yg rendah dan lemah lembut, Tuhan Yesuslah yang menjadi contoh kita. Amin!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: