Vote or Golput?

Banyaknya partai peserta pemilu, aturan main yang semakin ruwet, segala isu sana sini biasanya mendorong warga yang memiliki hak pilih pada akhirnya memilih untuk golput di pemilu kali ini. Kalau pun tidak golput, dengan kondisi bangsa yang ada sekarang ini, dipredikisikan akan ada banyak sekali surat suara yang tidak sah karena adanya kesalahan prosedur dalam pemilihan umum thn ini.

Ok, sedikit saya share…
Pemilu adalah suatu sistem yang digunakan oleh bangsa kita yang notabene sbg bangsa demokrasi, di mana wakil rakyat juga memegang andil yang besar dalam menentukan arah perjalanan bangsa kita ke depat. Wakil rakyat adalah orang-orang yang dipilih oleh rakyat untuk duduk di kursi legislatif, dalam hal ini kursi DPR RI, DPD, dan DPRD. Apa saja yang dikerjakan oleh mereka di kursi tersebut? Mereka menentukan kebijakan dan anggaran belanja daerah, pusat, maupun propinsi yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan kota/daerah mereka pada saat rapat dewan. Wakil rapat ini ‘digaji’ oleh negara untuk rapat (bicara-menyuarakan isi hati rakyat) ketika rapat dewan berlangsung.
Nah, seringkali pada saat rapat dewan berlangsung, mereka tidak menyuarakan isi hati rakyat, tapi ‘memeloroti’ kas negara demi kepentingan mereka, misalnya…pake fasilitas hotel tmpt rapat untuk bersenang2 saja kendati ‘daftar hadir rapat dewan’ tetap mereka tandatangani. Ok, itu sedikit fakta di lapangan yang membuat rakyat tidak lagi mempercayai wakil2nya dan memilih untuk golput.

Mari kita coba melihat dari sudut pandang lain… Bagaimana jika ada 1 orang saja di dewan yang benar2 melakukan kewajibannya sebagai wakil rakyat & menyuarakan isi hati rakyat? Seringkali kita berpikir 1 orang tidak dapat membawa perubahan. Jangan salah…saya pengen sampaikan bahwa 1 orang dapat membuat perubahan yang berarti. 1 orang dapat membuat rapat paripurna dewan berhenti berkali2 karena dia melakukan interupsi terhadap keputusan2 keliru yang hendak diambil…ya memang dia harus mengalami ‘pandangan sinis’ dari rekan2 koruptor lainnya…mengalami perlakuan buruk dari walikota dan komisi2 lain di sekitarnya yang mendukung aksi ‘korupsi’… namun, bagaimana jika setelah dia menerima perlakuan demikian dia masih tetap bertahan dengan ‘interupsi’nya itu? Rapat paripurna dihentikan, setiap komisi di dewan harus kembali berembuk untuk mengatasi hal ini…mengapa? karena di rapat paripurna suara setiap orang sangat berharga..harus ada kesepakatan 100% untuk dapat mengambil kebijakan daerah, jika tidak…keputusan tetap tidak dapat diambil. Di sini kita dapat sama2 bisa bilang…suara 1 orang ‘benar’ sangat berarti di tengah kancah politik yang panas dan menghitam.

Yang baru saja saya sampaikan di atas adalah fakta yang terjadi di rapat paripurna dewan kota Bandung. Pada akhirnya kebijakan kota tentang anggaran pendidikan pun berubah di mana anggaran pendidikan akhirnya meningkat sekian puluh persen sehingga anggaran yang lain yang tidak perlu yang biasa dibuat untuk korupsi pun dikurangi dengan ‘terpaksa’. Hal ini terjadi karena ada 1 orang yang kita pilih melalui pemilu periode yang lalu..dia ngotot dalam menyuarakan isi hati rakyat..dan hal ini memberikan dampak besar bagi dunia pendidikan. Andaikan ada lebih banyak lagi orang2 yang demikian…. . Andaikan kita tidak salah pilih ketika pemilu… negeri ini akan menjadi jauh lebih baik…

Bagaimana dengan golput? Golput adalah golongan orang2 yang dengan sengaja memilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya ketika pesta demokrasi ini berlangsung. Bagi orang-orang yang memilih untuk golput…janganlah Anda protes jika pada akhirnya kebijakan2 yang diambil oleh wakil rakyat terpilih tidak sesuai dengan keinginan Anda. Anda dalam hal ini tidak berhak untuk protes sedikitpun akan kondisi bangsa ini. Mengapa? Karena keputusan Anda untuk tidak memilih wakil di parlemen…. Anda tidak berhak kecewa, marah, maupun protes.

Bagaimana dengan warga negara ini yang bersedia menggunakan hak pilihnya di pemilu 9 April 2009 kali ini? Pastikan dirimu memilih orang-orang yang benar-benar terbukti sebagai orang2 yang mencintai bangsa ini. Carilah orang2 yang Anda kenal, atau pun kalau Anda tidak kenal, carilah info mengenai para calon legislatif ini melalui internet, melalui media massa, melalui segala alat komunikasi.. .carilah info mengenai orang tersebut…bukan dari apa kata demi kata yang keluar dari mulutnya…tapi tindakan riil yang telah dia kerjakan untuk memberikan perubahan bagi kota Anda. Kemudian PR selanjutnya. ..Anda harus mengerti benar sistem yang digunakan untuk pemilu kali ini agar orang yang Anda pilih sebagai wakil Anda di dewan dapat benar2 terpilih…. .(apa sih maksudnya?).

Bagaimana sistem pemilu kali ini dan maksud pernyataan saya barusan….saya akan coba jelaskan di kesempatan berikutnya..šŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: