Stress (2)

Apakah Anda sedang letih, lesu, dan berbeban berat? Dr. Peter Axt dan Dr. Michaela Axt-Gadermann, pakar kesehatan Jerman mengungkapkan ada 9 tanda untuk mengenalinya:

  1. Otot di leher tegang, pegal dan sakit2 karena ada hub antara emosi dan ketegangan otot.
  2. Jika teman kerja Anda bersin dan besoknya Anda terkena flu.
  3. Kepala selalu sakit.
  4. Makin gemuk atau makin kurus dalam waktu yang singkat
  5. Selagi malam susah tidur, selagi siang bawaannya menguap terus
  6. Denyut jantung Anda bertambah terus atau kadang terlewati
  7. Malam hari gigi bergemeretak, itu adalah tanda stress (kadang gw gitu loh…menurut pengakuan orang2 yg mendengar suara itu..hehe..tp untunglah ga sering2).๐Ÿ˜€
  8. Tangan dan kaki Anda lembab dan dingin
  9. Sering lupa. Ternyata sering lupa itu bkn cuma karena dah tua saja ya….tp bs jg karena stress atau sedang berbeban berat, jd pikiran ga fokus.

Solusi penanganannya:

  1. Ambil waktu khusus dengan Tuhan (berdoa) sehingga Anda bisa berefleksi tentang siapa Tuhan, siapa Anda, dan apa tujuan hidup Anda yg Dia tetapkan bagi Anda.
  2. Relaksasi dengan pijatan, lakukan peregangan otot (olahraga) atau berenang. (hehe….now I know knp gw suka bgt klo diajak renang..bener2 jadi rileks…asik deh..I love it๐Ÿ˜€ )
  3. Jangan ambil terlalu banyak pekerjaan dan merasa dunia akan berhenti berputar atau segalanya akan kacau kalau Anda tidak ikut campur.
  4. Atur skala prioritas dlm khidupan Anda, jangan sampai juga Anda menjadi maha hadir di kantor, gereja, pelayanan, tempat2 lain, dst.
  5. Banyak tertawa!! menurut Dr. Peter Axt dan rekannya, 1 menit tertawa lepas khasiatnya sama dengan 30 menit relaksasi.

Solusi yang Tuhan tawarkan:

“Marilah datang kepada-Ku semua yang letih lesu dan berbeban berat Aku akan memberi kelegaan bagimu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.” Mat 10:28-30

7 Responses to Stress (2)

  1. harus rajin olahraga juga perlu dimasukkan ke bagian solusi.

  2. siskawidjaya says:

    ok bang, thx…sudah dimasukkan scr tersirat sih (berenang)…cm mungkin perlu dipertegas deh๐Ÿ™‚

  3. yohanes says:

    olahraganya rutin ci.. bukan pas klo udah ada gejala stres doang, hehe..๐Ÿ˜‰

  4. julee84 says:

    aku suka berenaaaang,, untung kolam renang di tarakan gak jauh dari mess,, jadinya, gampang deh,,, mo berenang kapan aja… strees? jangan ampe deh…

  5. siskawidjaya says:

    waa…enak bener bs anytime๐Ÿ˜€
    tp…gw rada ragu…iya gitu lu bisa renang? ga cuma ngapung aja khan?๐Ÿ˜› kami td pagi badminton lho…hehe…ntar deh kuceritain. mau ke PPI dl…cu…

    thx 4 visit, sist๐Ÿ™‚

  6. Esther says:

    main badminton juga seru…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: