Sindrom Menjelang Mudik

Buat temen2 yang sekarang tinggal di luar kota asal, entah itu ngekost, tinggal di tempat sodara, ato emang dah punya rumah di kota yang baru, namanya mudik biasa dinanti2kan, apalagi klo dah berbulan-bulan ato bertahun2 ga pulang ke kota asal. Klo buat anak kuliahan, mudik itu bs wkt hari libur semeseter, libur hari raya, ato di hari2 kejepit. Namun buat orang2 yang dah kerja, namanya mudik bener2 kudu direncanakan dgn baik krn ini menyangkut masalah cuti dan jatah cuti yg masih dimiliki.

Klo buat aku yg tinggal di luar kota kelahiran, apalagi sekarang kerja, ga mudah untuk mencari hari yang tepat utk mudik, spt yang aku bilang tadi..jatah cuti jg kudu dipikirkan.Β  Tapi ga cuma itu aja…ada bbrp sindrom yang terjadi klo aku mau mudik…ada bnyk yg dipikirkan ato dirasakan..ada yang baik ada yg kurang baik, dan kesemuanya cukup kontradiktif di aku..

  • asikk…bs ketemu lagi sama ortu dan sodara-sodara di rumah. berkunjung ke rumah sodara, main-main, makan-makan, dll
  • hmm..bawa oleh2 apa ya buat orang2 di rumah? dan jg…bawa oleh2 apa ya buat orang yang di bandung? πŸ˜€ perlu dibawain ga ya? hehehe…liat ntar lah, klo ada space dan dana πŸ˜›
  • klo aku mudik, itu artinya ninggalin bandung selama bbrp lama…hiks…pengen jg sih bener2 liburan di bandung bersama temen2, apalagi klo pas liburan gitu ada banyak hal yang menyenangkan utk dilakukan….
  • beberapa hal di pelayanan ga bs aku lakukan…jd ya…aku percayakan saja sama rekan2 di bandung, aku tau mrk orang2 yang luar biasa utk melakukan itu semua
  • mau main ke tempat wisata mana ya? di kotaku, ga ada tempat yang terlalu menarik kecuali Teluk Penyu dan Nusakambangan. tempat lain yg terdekat adalah Baturaden ato Pangandaran. denger2 sih ada obyek wisata baru yang dibuka, ntar deh dicoba πŸ˜€
  • di sisi lain, papa ga begitu suka klo kami anak2nya malah pergi2 wkt mudik. katanya…kalian ini kan liburan, pulang ke rumah, tp koq begitu nyampe rumah malah pergi2, itu namanya ga pulang ke rumah. kalian harus ada di rumah setiap waktu. ga boleh pergi2 ke manapun juga! ya begitulah…mungkin memang mereka kangen sama anak-anaknya karena dah lama ga ketemu, tapi ga tau jg ya..kadang berasa koq gini sih? wkt kami ada di rumah pun ga diajak ngobrol jg sama papa.. ya sudahlah…
  • waktunya bantuin ortu di rumah, ada bnyk kerjaan di toko dan…klo pulang untuk mudik, itu artinya ga liburan 100%.. itu artinya kerja. apalagi klo liburannya itu libur lebaran ato libur natal, bagiku itu bukan liburan, itu artinya kerja…kerja…dan kerja mbantuin ortu. ntar sesampai aku di bdg, barulah aku istirahat…liburr
  • menyenangkan memang bisa ketemu sama ortu, tapi menjadi menyesakkan hati ketika melihat mereka bertengkar dan terus bertengkar.. kami anak2 pun dah bingung gimana caranya supaya pemulihan demi pemulihan terjadi di keluarga kami… kami hanya bisa berdoa..

Pergulatan antara pengen dan ga pengen pulang tjd klo dah dkt hari2nya mau mudik. di satu sisi, aku pengen bgt pulang. di sisi lain…sesak sekali di dada ini klo melihat hal2 yg kurang baik spt kutulis di atas.. Kalaupun aku pulang, hanya untuk menghibur hati mama..dan pulang dengan penuh harapan ada kasih karunia Tuhan yang besar yang mengalir di keluaraga kami.

O Lord..aku bener2 perlu kasih karunia-Mu yang besar…aku minta kemurahan-Mu, kasih setia-Mu, kekuatan dan sukacita dari-Mu, damai sejahtera yang melampaui segala akal dan pikiran.. Aku memerlukannya…kami semua memerlukannya… Kepada-Mu aku berharap…yang terbaik lah yang terjadi, yang sesuai dengan janji-Mu.. πŸ™‚

2 Responses to Sindrom Menjelang Mudik

  1. criz says:

    jangan lupa bawa manggleng yg banyak ya ntar ke bandung πŸ˜› thx, cie. hehe

Leave a comment