Wash, and be clean

Di suatu negara yang penduduknya tidak mengenal Allah maupun hukum-hukum-Nya, ada seorang panglima perang yang sangat terkenal, dia adalah seorang pahlawan yang selalu menang perang…namun sayangnya, panglima ini kena penyakit kulit yang menjijikkan dan tidak ada obatnya. Dia mendengar bahwa di negara tetangga, ada seorang yang bisa menyembuhkan sakit penyakit dengan cara yang tidak pernah dilakukan oleh para dokter sebelumnya. Maka, datanglah dia kepada orang tersebut.

Orang ini memerintahkan si panglima perang untuk mandi di sebuah sungai yang ditunjuk. Terang saja, panglima ini kesal. ‘Apa-apaan sih, katanya mau nyembuhin, eh malah nyuruh mandi 7 kali di sungai”. Rekan-rekan panglima ini pun berkata, yahhh…gpp lah, klo disuruh mandi khan klo disuruh yang lain yg lbh susah jg km mau tho? Jadi lah si panglima ini pergi mandi….dan dia sembuh..bahkan kulitnya yang sakit itu berubah menjadi seperti kulit bayi…mantap..!!

Kisah lengkapnya dapat rekan-rekan baca di 2 Raja-raja 5:1-19

Menarik di sini…

Naaman adalah gambaran dari orang yang tidak mengenal Allah maupun hukum-hukum Allah, namun di sini, Tuhan Allah menunjukkan kepada dia kasih karunia (anugerah) – Nya yang berlimpah-limpah. Naaman mungkin awalnya hanya mengenal perintah demi perintah dari atasan (karena dia adalah panglima) untuk menyenangkan atasannya.

Elisa adalah gambaran dari Tuhan Yesus Kristus, Dia memberikan anugerahNya tidak hanya kepada orang Israel, namun juga kepada orang-orang non Israel. Dia menyembuhkan tidak hanya orang baik, tp jg orang jahat (Aram adalah gambaran dari musuh Israel di jaman itu). Elisa tidak minta bayaran untuk mujizat yang dilakukannya. Allah tidak minta bayaran kepadamu karena pada hakikatnya memang Dia adalah Allah yang penuh kasih dan berlimpah kasih karunia.

Pada akhirnya Naaman belajar dan mengenal kasih karunia Allah, di mana dia tidak harus melakukan sesuatu yang susah dan menyusahkan diri hanya dengan tujuan supaya Allah senang dan dia disembuhkan. Tuhan menunjukkan kebaikan-Nya, anugerah-Nya kepada Naaman, orang yg tidak mengenal Allah ini, sehingga pada akhir kisah, Naaman bahkan tidak harus membayar apapun untuk sembuh (ay 16)…Naaman malah mendapatkan tanah gratis untuk dibawa pulang selain dari kesembuhannya (ay 17-19).

Seorang yang tidak mengenal Allah pun pada akhir kisah dapat berkata:

2Raj 5:15  Kemudian kembalilah ia dengan seluruh pasukannya kepada abdi Allah itu. Setelah sampai, tampillah ia ke depan Elisa dan berkata: “Sekarang aku tahu, bahwa di seluruh bumi tidak ada Allah kecuali di Israel

2Ki 5:15 (MSG)   “I now know beyond a shadow of a doubt that there is no God anywhere on earth other than the God of Israel…”

Ketika sebuah anugerah Tuhan menyentuh dan dialami oleh kehidupan seseorang, orang itu tidak lagi berbuat dosa atau menjauh dari Allah, namun dia dapat berkata bahwa hanya Yesus lah Tuhan.

Wash, and be clean…!!! Mandilah di sungai kasih karunia dan anugerah Allah…!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: