Tunjukkan Bapa itu bagi kami (2)

Terus berpikir dan bertanya-tanya….ttg yg Yesus kerjakan di muka bumi ini…di jaman itu…2000 thn yg lalu… (krn skr kan Tuhan Yesus dah di sorga).😀

Dilahirkan di kandang domba..dari seorang perawan Maria.. Tumbuh berkembang seperti anak-anak normal lainnya…sempat bertanya jawab dgn para ahli kitab di Bait Suci pada umur 12 tahun.. track recordnya selama 30 thn pertama hidup-Nya, tidak ada yang menuliskannya di Alkitab.. Seorang manusia seutuhnya dan juga Allah seutuhnya, dilahirkan ke bumi utk berkarya 3,5 tahun, dan sesudah itu Dia mati di kayu salib…menebus semua manusia dari dosa… Hanya itu kah yang Ia lakukan?

Iya, benar…Tuhan Yesus dilahirkan untuk mati di kayu salib. Namun ternyata tidak hanya itu yang dilakukannya. Dia habiskan masa 3,5 tahun ini bersama dengan para murid yang dikasihi-Nya. Berjalan berkeliling kota dan desa, menyembuhkan orang sakit dan melenyapkan berbagai kelemahan, mengajar banyak orang..dan dengan hampir semua jenis pelayanan-Nya, dilakukan bersama-sama dengan para murid. Jenis pemuridan yang luar biasa…. hah…andai saja Tuhan Yesus mendampingi hidupmu selama 3,5 tahun, apakah kau akan seperti para rasul itu?

Pemuridan….

Hmm… klo sekarang kita memuridkan, dan bertanya-tanya, sebenarnya bagaimanakah caranya memuridkan yang benar? Bagaimanakah caranya bs menghasilkan anak-anak rohani dan triwira? Fiuhh…. blm lg wkt yg dipunyai utk memuridkan selama di kampus cm sebentar 3-4 thn lah kurang lebih.

Ada yang bilang, klo mau belajar…..lgsg lah belajar dari sumbernya. Belajar memuridkan, ya belajar lgsg dari Tuhan Yesus ketika Dia memuridkan 12 orang itu.

Aku heran…sempat amat heran..Tuhan Yesus bersedia menghabiskan waktu-Nya yang terbatas, tiga setengah tahun itu, untuk memuridkan orang-orang yang…keterlaluan…menurutku. Sadar ga, mrk itu ada yang menyangkal Yesus 3x, mau menurunkan api dari langit untuk membinasakan bbrp orang yang mrk ga suka, mengkhianati Yesus, hanya mau percaya jika telah mencucukkan tangannya ke luka yg ada di tangan Yesus, melarikan diri ketika Yesus ditangkap, bahkan pada akhirnya mereka kembali ke pekerjaan lama mereka, yaitu menangkap ikan.

Aku berpikir, ini adalah pemuridan tergagal sepanjang sejarah. Anak yg aku muridkan ga sebejat yg Yesus muridkan. Yesus menghasilkan murid-murid yang buruk setelah pelayanan-Nya 3,5 tahun di bumi. Tapi ternyata…para murid ini mengubah dunia setelah mereka dipenuhi oleh Roh Kudus pada hari raya Pentakosta. Hmm… apa yang membuat mereka menjadi luar biasa selain oleh karena kuasa Roh Kudus? Mereka ternyata mengenal, tidak hanya pribadi Yesus, maupun pribadi Roh Kudus. Mereka mengenal pribadi Bapa melalui diri Yesus.

Yoh 14:8-10  Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”   Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.  Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Apa yang Yesus lakukan dan katakan selama 3,5 tahun itu, Dia melakukannya juga dalam rangka memperkenalkan pribadi Bapa kepada para murid. Sehingga mereka bertumbuh menjadi anak yg mengenal Bapa (1 Yoh 2:12-14), terus dan terus bertumbuh menjadi anak-anak muda yang mengenal firman, kuat, dan mengalahkan yang jahat. Kepada para murid, Tuhan Yesus memperkenalkan pribadi Bapa, pribadi-Nya (firman Allah yg kuat itu adalah Yesus itu sendiri – Yoh 1:14) , dan juga pribadi Roh Kudus. Sehingga setelah ditinggalkan, mereka menjadi ’bapa-bapa’ rohani bagi gereja Tuhan.

1Yo 2:12-14  Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, sebab dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu telah mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu telah mengalahkan yang jahat. Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.

Rekan-rekan,

Bagaimana dengan kondisi kita hari ini? Bagaimana kondisi pemuridan kita?? Sudahkah kita seperti Tuhan Yesus, hidup bersama dengan para murid senantiasa? Mungkin belum, tp bs dilakukan..!!

Mari kita bertumbuh bersama dalam pengenalan akan Tuhan, dimulai dengan mengenal Bapa, betapa Dia mengampuni kita dari dosa krn kematian anak-Nya di kayu salib. Tanamkan itu terus menerus dalam hatimu dan dalam hati anak-anak yang kita muridkan. Maka kita akan terus bertumbuh. Baca firman itu setiap hari, maka kita akan mengenal pribadi Yesus yang adalah firman Allah itu sendiri. Bergaul karib dengan Roh Kudus setiap hari dalam semua aspek kehidupan. Terapkan itu dalam diri kita sendiri, dan juga dalam diri anak-anak rohani kita. Perkenalkan pribadi Bapa itu kepada semua orang, perkenalkan pribadi Yesus (firman) itu kepada semua orang (termasuk dirimu dan jg anak-anak PA mu), perkenalkan pengampunan-Nya selalu ada untuk semua orang, Roh Kudus-Nya pun diberikan kepada semua orang yang percaya sebagai Penolong, Penghibur mereka.

Mungkin hari ini, kita belum melihat perubahan dalam diri kita. Kita belum melihat perubahan dalam diri anak-anak rohani kita. Tidak apa-apa. Perubahan itu pasti terjadi, dimulai dari pengenalan akan Allah. Mengucap syukurlah, krn ternyata anak-anak rohani kita tidak ’sebejat’ para murid Yesus yang telah menyangkal Yesus atau mau menurunkan api dari langit.

Saya bisa katakan, Yesus tidak gagal dalam memuridkan. Dia berhasil…!! Dia berhasil memperkenalkan Allah Tritunggal itu kepada para murid secara bertahap…!! dan kita anak-Nya pun pasti berhasil….pasti melakukan hal-hal yang lebih besar daripada yang pernah Dia lakukan.

2 Responses to Tunjukkan Bapa itu bagi kami (2)

  1. criz says:

    hohohoho… klo bs di-like, aku like deh😀

    • siskawidjaya says:

      hahaha…insipirated from u’ve shared @PDS kmrn koq.😛 tengkyu yakk..

      bukannya skr wordpress dah bisa ‘like’ yach? ada di bag atas, gambar bintang itu… cm blm pernah cc coba sih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: